Bahaya & Efek Samping Kopi Hijau

Meski saya penjual kopi hijau, tak apalah saya bahas efek samping minum green coffee. Jangan percaya kalau kopi hijau tidak ada efek sampingnya karena ini herbal. Efek ini muncul apabila kopi hijau dikonsumsi secara berlebihan, tidak sesuai dosis. Selain itu, ada juga orang dengan kondisi tertentu yang sebaiknya tidak mengonsumsi ekstrak kopi hijau.

Adanya efek samping mengonsumsi kopi hijau bukan berarti green coffee tidak bermanfaat. Efek samping dari suatu suplemen atau obat itu wajar. Bahkan obat-obatan yang dijual di warung juga punya efek samping kan? Tentu penting mengetahui efek samping suatu produk, sehingga kita bisa memutuskan untuk mengonsumsinya atau tidak.

Kopi hijau mungkin aman bila dikonsumsi dengan dosis yang tepat. Dosis harian konsumsi kopi hijau adalah maksimal 480 mg selama 12 minggu.

Seperti halnya kopi biasa, kopi hijau juga mengandung kafein. Dengan begitu, mengonsumsi kopi hijau memiliki efek samping seperti halnya mengonsumsi kafein. Kafein dapat menyebabkan susah tidur, sakit perut, mual, muntah, gugup dan gelisah, meningkatkan detak jantung dan tingkat pernapasan, serta efek samping lainnya. Terlalu banyak mengonsumsi kopi juga dapat mengakibatkan sakit kepala, kecemasan, detak jantung tak teratur, telinga berdenging, dan gelisah. Ini adalah efek samping mengonsumsi kopi pada umumnya. Karena kopi hijau sebenarnya adalah kopi biasa, maka efek sampingnya juga seperti efek samping kopi biasa.

Intinya, ekstrak kopi hijau tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu, ada orang dengan kondisi tertentu yang sebaiknya tidak mengonsumsi kopi hijau. Hal ini terkait dengan kandungan kafein yang terdapat dalam green coffee.

Ibu hamil dan menyusui
Bagi wanita hamil dan menyusui, sebaiknya tidak mengonsumsi green coffee.

Diare
Bagi yang sedang mengalami diare, sebaiknya hindari kopi hijau. Kandungan kafein dalam kopi, terutama jika dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat memperburuk kondisi diare.

Diabetes
Bagi penderita diabetes, hindari kopi hijau karena kandungn kafeinnya.

Gangguan kecemasan
Kafein yang terdapat pada kopi hijau dapat memperburuk kondisi kecemasan.

Kadar tinggi homisistein yang tak normal
Mengonsumsi asam klorogenik dalam jumlah tinggi dalam waktu yang singkat dapat meningkatkan kadar plasma homosistein, yang mungkin berkaitan dengan kondisi kesehatan tertentu seperti penyakit jantung.

Gangguan pendarahan
Ada kekhawatiran bahwa kandungan kafein dalam kopi hijau dapat memperburuk gangguan pendarahan.

Glaukoma
Mengonsumsi kafein yang terdapat pada green coffee dapat meningkatkan tekanan dalam mata. Peningkatan dimulai dalam waktu 30 menit, dan berlangsung setidaknya selama 90 menit.

Tekanan darah tinggi
Kandungan kafein dalam green coffee dapat meningkatkan tekanan darah pada orang yang mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi).

Sindrom iritasi usus
Mengonsumsi kopi hijau dalam jumlah banyak dapat memperburuk diare dan memperburuk gejala sindrom iritasi usus.

Osteoporosis
Kafein yang terkandung dalam kopi hijau dan sumber lainnya dapat meningkatkan jumlah kalsium yang terbuang lewat urin. Hal ini dapat melemahkan tulang. Bagi penderita osteoporosis, sebaiknya kurangi konsumsi kafein sampai kurang dari 300 mg per hari (sekitar 2-3 cangkir kopi pada umumnya). Untuk mengatasi kalsium yang hilang, mengonsumsi suplemen kalsium dapat membantu.

Jika Anda ingin mencoba mengonsumsi kopi hijau, pastikan Anda tidak mengalami kondisi-kondisi di atas. Selain itu, bagi penderita maag dan asam lambung (GERD), sebaiknya jangan mencobanya.

Intinya sih jangan mengonsumsi kopi hijau melebihi dosis yang dianjurkan. Jangan sampai karena terlalu semangat ingin menurunkan berat badan, kemudian Anda mengonsumsi ekstrak green coffee sebanyak-banyaknya.

Demikian pembahasan tentang bahaya dan efek samping kopi hijau.

referensi: https://medlineplus.gov/druginfo/natural/1264.html

Incoming search terms:

  • apakah green coffee bahaya bagi ibu hamil
  • apakah penderita mioma utery bisa mengkonsumsi green cofee
  • bahaya kopi hijau bumil
  • efek minum green coffe babalu
  • minum kopi hijau jadi diare