Benarkah kopi hijau dapat menurunkan berat badan?

Benarkah kopi hijau dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan? Bagaimana bisa green coffee berkhasiat untuk diet?

Ada berbagai metode penurunan berat badan, seperti misalnya diet atkins, diet mayo, diet OCD, dan sebagainya. Kelebihan berat badan menjadi masalah bagi banyak orang. Berbagai suplemen diet pun dijual di pasaran, namun tak semuanya efektif, tak semua merasakan manfaat penurunan berat badan.

Kini yang lagi booming adalah kopi hijau untuk diet. Kopi memang salah satu minuman populer di dunia. Berbagai varian kopi hadir dari yang ekonomis hingga kopi premium dengan harga mahal. Kopi nikmat disajikan saat hangat. Tapi, kini juga sudah hadir es kopi.

Kandungan zat yang terdapat pada biji kopi diyakini dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, kandungan zat ini berkurang drastis ketika kopi sudah dipanggang. Adapun kandungan zat yang dimaksud adalah asam klorogenik. Supaya biji kopi mengandung banyak asam klorogenik, maka biji kopi tidak melewati tahap pemanggangan. Inilah yang disebut dengan kopi hijau, memang seperti kopi pada umumnya, bedanya tidak dipanggang.

Kopi hijau jadi populer setelah dibahas di acara Dr. Oz di Amerika Serikat. Intinya pada acara tersebut dibahas bawah kopi hijau dapat menurunkan berat badan tanpa diet dan tanpa olahraga. Tapi, klaim ini menuai kritikan karena pembuktian akan penelitian ini tergolong lemah. Terlepas dari hal itu, ternyata banyak juga yang mengklaim kalau mereka berhasil diet menggunakan kopi hijau. Di sisi lain, ada juga yang tidak berhasil. Memang tidak ada jaminan berat badan turun dengan mengonsumsi kopi hijau, begitu juga dengan suplemen diet lainnya.

Kandungan kopi hijau yang diduga dapat menurunkan berat badan adalah kandungan antioksidan yang disebut asam klorogenik. Asam klorogenik sudah diakui dapat menghambat penyerapan glukosa di usus kecil dan pelepasan glukosa yang berasal dari hati ke peredaranya. Dampaknya, tingkat glukosa dalam alran darah berkurang sehingga untuk kebutuhan energi, tubuh bergantung pada lemak, bukan karbohidrat, dengan begitu lemak pun hilang.

Asam klorogenik banyak tergantung pada kopi hijau, dan jumlahnya jadi lebih sedikit ketika kopi sudah dipanggang. Berdasarkan laporan oleh University of California, per gram kopi hijau mengandung 34,4 sampai 41,4 mg asam klorogenik. Pemanggangan biji kopi hijau pada suhu 230 derajat Celcius dalam waktu 12 menit mengurangi kandungan asam klorogeniknya hampir separuhnya. Sedangkan pemanggangan biji kopi hijau pada suhu 250 derajat Celcius untuk 21 menit hampir sepenuhnya menghilangkan kandungan asam klorogeniknya. Kandungan asam klorogenik pada kopi yang sudah dipanggang berkisar antara 2 sampai 7 mg. Bandingkan dengan yang belum dipanggang, beda jauh.

PENAWARAN GREEN COFFEE

Diffee GREEN COFFEE

Testimoni Diffee Green Coffee

Atau kontak lewat SMS/WA: 083861166521

Invite BBM, KLIK DI SINI

Inayah Green Coffee (kapsul)

FRES GREEN COFFEE (serbuk)

Green Coffee 77 Slimfit (serbuk)

Atau kontak via WA/SMS: 083861166521

Invite BBM, KLIK DI SINI

Sejumlah penelitian telah mengkonfirmasi khasiat kopi hijau dalam hal penurunan berat badan, termasuk penelitian yang diterbitkan dalam “The Journal of International Medical Research”. Penelitian ini berfokus pada produk kopi yang terdiri dari 2.000 mg kopi instan panggang Arabika dan Robusta, 200 mg ekstrak kopi hijau dan 90 sampai 100 mg asam klorogenik. Para peserta dalam kelompok kopi hijau meminum lima cangkr produk kopi, setara dengan 11 gram kopi sehari dalam waktu 12 minggu. Setelah 12 minggu, kelompok peminum kopi hijau mengalami penurunan berat badan 5,4 pound dan pengurangan kadar lemak tubuh 3,6%. Sedangkan kelompok kopi hitam kehilangan berat badan 1,7 pound dan lemak tubuh 0,7%.

Penelitian tesebut menggunakan produk kopi campuran yang mengandung ekstrak kopi hijau dan kopi panggang. Hal ini karena green coffee tidak dapat diseduh layaknya kopi panggang, dan hanya dapat dikonsumsi dalam bentuk ekstrak kopi hijau.

Penlitian terhadap kopi hijau tentang efeknya dalam penurunan berat badan telah menunjukkan efek positif dalam dosis antara 180 mg sampai 1.000 mg ekstrak kopi hijau dan 81 mg sampai 500 mg asam klorogenik.

referensi: livestrong.com

Jadi, penggunaan kopi hijau sebagai suplemen pelangsing masih perlu pembuktian. Tapi, dengan banyaknya iklan yang beredar, sudah banyak orang yang mencoba ekstrak green coffee sebagai suplemen diet mereka.

Incoming search terms:

  • adakah dijual kopi hijau untk mnurunkn berat badan
  • Apakah kopi arabika bisa d jadi kan green coffee yang dapat menurunkan berat badan
  • berat badan turun karna greencoffe
  • Dimana dijual kopi hijau penurun berat badan
  • kadar lemak kopi hijau
Benarkah kopi hijau dapat menurunkan berat badan? | Admin | 4.5