Efek samping teh daun jati cina sebagai pelangsing, bahaya?

Apakah bahaya minum teh daun jati cina untuk diet? Apakah ada efek samping teh daun jati cina untuk melangsingkan tubuh? Apa minuman ini bagus untuk diet?

Untuk melangsingkan tubuh, cara yang umum dilakukan adalah dengan rajin berolahraga, serta mengatur pola makan dan gaya hidup sehat. Namun, banyak yang memilih mengandalkan suplemen pelangsing. Salah satu bentuk suplemen diet adalah minuman, bisa berupa jus, minuman tinggi serat, dan bisa juga berbentuk teh. Salah satu teh yang digunakan sebagai pelangsing adalah teh daun jati cina. Tapi, apakah aman minum teh daun jati cina untuk menurunkan berat badan.

Sebelumnya, kita bahas dulu, apa sih teh daun jati cina itu? Yaitu daun kering yang berasal dari tanaman jati cina atau senna. Daun ini punya efek laksatif yaitu sebagai pencahar. Karena punya efek pencahar, maka minum teh daun jati cina berguna bagi yang mengalami sembelit, sehingga BAB jadi lancar. Tapi, apakah tidak berbahaya menggunakan pencahar sebagai pelangsing?

Tubuh yang gemuk bukan karena banyaknya kotoran yang menumpuk dalam tubuh. Kalau misalnya sehabis minum teh daun jati cina, lalu bab, kemudian ditimbang turun, karena BAB yang terbuang tadi, lalu apa iya bisa melangsingkan tubuh?

Pada salah satu kemasan produk teh daun jati cina memang tak dijelaskan kalau ini bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Teh ini mengandung pencahar. Pencahar biasanya bekerja dengan merangsang kontraksi otot usus, sehingga timbul rasa ingin BAB. Wajar saja bila setelah minum teh daun jati cina jadi sering BAB.

Memang sih ada orang yang berhasil menurunkan berat badan dengan mengonsumsi teh daun jati cina. Tapi, apakah tidak berbahaya menggunakan teh daun jati cina untuk diet?

Efek Samping Teh Dan Jati Cina
Menurut Leona Victoria Djajadi, seorang ahli gizi, efeknya tak bagus untuk diet, terlebih lagi jika digunakan lebih dari dua minggu. Teh daun jati cina dapat berfungsi sebagai pencahar dan mungkin sebagai diuretik.

– Ketika melakukan diet ketat dan mengonsumsi obat pencahar sehingga memaksa tubuh mengeluarkan sesuatu, maka zat yang hilang pertama kali antara lain glikogen, protein, dan air. Protein lebih mudah diproses menjadi energi ketimbang simpanan lemak, sedangkan glikogen untuk mensuplai otak. jadi, jika berat badan turun dengan cepat, ini bukan berarti yang hilang adalah lemak.

– Ketika melakukan diet ketat, secara biologis tubuh mengira bahwa ia sedang kelaparan, dan sebagai mekanisme pertahanan yaitu menurunnya energi standar yang dipakai untuk detak jantung, bernapas, dan sebagainya. Jadi, energi yang dibakar lebih sedikit.

PENAWARAN GREEN COFFEE

Diffee GREEN COFFEE

Testimoni Diffee Green Coffee

Atau kontak lewat SMS/WA: 083861166521

Invite BBM, KLIK DI SINI

Inayah Green Coffee (kapsul)

FRES GREEN COFFEE (serbuk)

Green Coffee 77 Slimfit (serbuk)

Atau kontak via WA/SMS: 083861166521

Invite BBM, KLIK DI SINI

– Ketika berhenti dari diet dan kembali makan secara normal, secara biologis tubuh mengira bahwa itu adalah waktu yang tepat untuk menimbun sebanyak-banyaknya cadangan energi sebagai pencegahan kelaparan selanjutnya. Energi pun disimpan dalam bentuk lemak.

– Menggunakan pencahar/diuretik membuat tubuh memaksa mengeluarkan sesuatu dari dalam tubuh, umumnya sebaian besar adalah air. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya ion-ion penting dan dehidrasi. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan perubaan mood dan detak jantung tidak normal. Kemudian jika keseringan menggunakan obat ini, dapat menyebabkan usus ketergantungan terhadap pencahar. (referensi)

Teh daun jati cina dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga tak heran jika penjual teh daun jati cina yang mempromosikannya sebagai pelangsing menyarankan agar banyak-banyak minum air jika sedang menjalani diet menggunakan teh daun jati cina. Ini karena teh ini punya efek pencahar, sedangkan pencahar dapat menyebabkan efek samping, salah satunya dehidrasi.

Teh daun jati cina bukan pilihan yang tepat untuk berdiet. Berat badan mungkin turun, tapi kalau turunnya gara-gara hilangnya sebagian cairan dari dalam tubuh, apa gunanya? Kegemukan disebabkan karena menumpuknya lemak, bukan air. Manusia bukan sapi gelonggong, yang gemuk karena dikasih minum banyak air.

 

Incoming search terms:

  • apakah ada efek sampingnya kika mengkonsumsi obat pelangsing daun jati cina
Efek samping teh daun jati cina sebagai pelangsing, bahaya? | Admin | 4.5